Ingin Terhindar dari Sifat Munafik? Bacalah Do’a Ini!

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Setiap muslim merupakan orang-orang pilihan yang mendapatkan hidayah dari Allah Subhanallahu wa Ta’alla. Hidayah itu berupa keimanan pada yang Maha Esa atas penciptaan dan kekuasaan-Nya. Namun, keimanan dalam hati itu dapat rusak karena noda sifat munafik yang menghiasi diri. Noda-noda sifat munafik ini jika tidak segera ditangani akan menjelma menjadi fasion diri dan menjerumuskan setiap diri yang memiliki sifat munafik ke dalam nereka jahanam.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah memberikan tiga ciri-ciri orang munafik sebagai patokan intropeksi diri dan agar terhindari sifat tersebut. Tiga ciri-ciri tersebut antara lain, jika dipercaya ia berbohong, jika berjanji ia mengingkari, dan jika diberikan kepercaya ia menghianatinya.

Segeralah mengintropeksi diri, jangan sampai kita terjangkit ke dalam sifat orang-orang yang bertempat di neraka jahanam. Setelah kita mengintropeksi diri dengan menghindari sifat-sifat tersebut, maka kita akan menjadi pribadi yang dipercaya, dan jujur. Ada pula usaha lain yang harus kita lakukan selain berusaha menghindari sifat-sifat tersebut yakni senantiasa berdo’a agar diberi perlindungan agar terhindar dari sifat-sifat munafik tersebut.

Baca Juga : Inilah Shalat Gaya Munafik, Apakah Kita Termasuk Orang yang Seperti Itu?

Sebagai pedoman, dalam Al-Qur’an dan as-sunnah terdapat ayat yang mengajarkan do’a agar terhindar dari sifat munafik. Dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 35 sampai 36 sebagai berikut.

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الأصْنَامَ (٣٥) رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ فَمَنْ تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (٣٦)

  1. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, Jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala”.
  2. “Ya Tuhanku, Sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, Maka Barangsiapa yang mengikutiku, Maka Sesungguhnya orang itu Termasuk golonganku, dan Barangsiapa yang mendurhakai Aku, Maka Sesungguhnya Engkau, Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Selain memohon perlindungan Allah agar terhindar dari sifat munafik dengan cara memohon agar diri dan keturunan tidak menyekutukan Allah seperti do’a Nabi Ibrahim. Selain itu, terdapat do’a agar hilangnya dari sifat munafikpun dapat dilakukan dengan cara berdoa agar mendapatkan hidayah dan taufik. Seperti do’a yang selalu Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Salam,

“ Ya Allah, aku memohon kepada-Mu hidayah, ketaqwaan, terjaganya kehormatan, dan kekayaan…” (HR. Ahmad 3950 & Muslim 7079)

Demikian do’a yang dapat kita amalkan agar terhindar dari sifat munafik. Semoga do’a tersebut bermanfaat dan dapat kita amalkan dalam kehidupan.

Wallahu A‘lam Bisshowab
Baca Juga : Hati-Hati Empat Perkara Ini Bisa Menjerumuskan Diri Menjadi Munafik Murni! Ini Solusinya!

Originally posted 2017-08-21 04:25:01.