Menjaga Kebiasaan Baik ini Mampu Menghapus Dosa Hingga Membukakan Pintu Surga

Sumber foto dari wahdah.or.id
HIJAZ.ID Banyak amalan dalam Islam yang mana banyak mendatangkan manfaat serta keutamaan pahala yang berlipat ganda meskipun amalan tersebut sangat sederhana, salah satunya yaitu wudhu. Wudhu merupakan syarat sahnya seseorang dalam melakukan sholat, pun juga ibadah lainnya akan dilipatgandakan keutamaannya jika seseorang dalam kondisi menjaga wudhu, bahkan ketika seseorang sedang tidur sekalipun. Lantas apasajakah keutamaan menjaga wudhu? Yuk simak ulasan berikut.
  • Dibukakan Pintu Surga

Berkaitan dengan wudhu, Umar bin Khaththab Radhiyallahu’anhu mengatakan:

“Barang siapa di antara kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian berkata, aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah Melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan rasul (utusan)-Nya, maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang delapan dan dia bisa masuk ke dalamnya lewat pintu mana saja yang dikehendakinya.” (Shohih. HR. Muslim I/209 No.234)

  • Dibangunkan Rumah di Surga

Dalam suatu hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

”Tak seorang hamba muslim pun yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dengan niat ikhlas karena Allah setiap hari 12 rakaat, melainkan Allah pasti akan membangunkan baginya sebuah rumah di jannah.” (HR. Ahmad)

  • Diampuni Dosanya

Berkaitan dengan keutamaan tersebut, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu)

Dalam hadits lain disebutkan pula tentang keutamaan wudhu, bahwasanya:

“Barangsiapa yang berwudhu lalu membaguskan wudhunya, niscaya kesalahan-kesalahannya keluar dari badannya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya.” (HR. Muslim No. 245)

Dalam hadits lain disebutkan pula bahwasanya:

“Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam juga bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim No. 251)

  • Wajah, Tangan, & Kaki Bercahaya

Dalam suatu hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari No. 136 dan Muslim No. 246)

Daam hadits lain, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam juga bersabda:

“Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Muslim No. 249)

Di dalam haditsnya, Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwasanya telah mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakanlah hal itu“. (Riwayat Bukhari dan Muslim)

  • Dikabulkan Doanya

Hadits riwayat dari sahabat Mu’adz bin Jabal, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.” (Fathul Bari juz 11/124)

Baca Juga: Melakukan Sholat ini 2 Rakaat Senilai dengan Memberikan 360 Sedekah
  • Merupakan Separuh Iman

Di dalam salah satu riwayat, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Bersuci (wudhu’) adalah separuh iman. Alhamdulillah akan memenuhi mizan (timbangan). Subhanallah wal hamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Sholat adalah cahaya. Shodaqoh adalah tanda. Kesabaran adalah sinar. Al-Qur’an adalah hujjah (pembela) bagimu atau hujatan atasmu. Setiap orang keluar di waktu pagi; maka ada yang menjual dirinya, lalu membebaskannya atau membinasakannya.” (Muslim dalam Ath-Thoharoh, bab: Fadhl Ath-Thoharoh (533))

  • Didoakan Malaikat

Rasulullah bersabda,”Sucikanlah jasad-jasad ini, niscaya Allah akan menyucikan kalian. Karena tak seorang hamba pun yang tidur di malam hari dalam keadaan suci, melainkan ia akan ditemani seorang malaikat yang berada di selimutnya dan tidak bergerak sedikitpun sepanjang malam dan hanya berdoa,”Ya Allah, ampunilah hambamu ini, karena ia tidur dalam keadaan bersuci.” (HR. Ath Thabrani dinilai shahih oleh Syaikh al Albani dalam Shahihul Jamie : 3936)

Sungguh begitu banyak keutamaan yang mampu kita dapat jika kita mampu menerapkan amalan tersebut secara istiqomah. Wudhu yang jika diperkirakan hanya kurang dari 5 menit mampu mendapatkan banyak keuntungan sedemikian banyaknya, sungguh betapa Maha Pengasih Allah. Semoga senantiasa dijadikan insan yang lurus, yang mampu menjadi sebaik-baiknya hamba Allah.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Bersalaman Setelah Selesai Shalat Berjamaah, Adakah Dalilnya?

Originally posted 2017-08-21 13:30:24.