Siapakah Para Pemberi Syafaat dalam Al-Qur’an?

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Syafaat merupakan pertolongan dari Allah Subhanallah wa Ta’ala yang diberikan kepada siapa saja hamba yang diridhai-Nya. Terdapat beberapa ayat Al-Qur’an yang membuktikan bahwa syafaat benar adanya. Syafaat sebagai tanda bukti bahwa Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Allamah Thabathaba’I menjelaskan bahwa pemberian syafaat berlangsung di dua ruang yakni dalam penciptaan dan dalam hukum. Syafaat dalam penciptaan berupa semua penyebab perantara pemberi syafaat. Sedangkan syafaat dalam hukum terbagi menjadi dua golongan yakni pemberi syafaat di kehidupan, dan pemberi syafaat di akhirat.

Syafaat di dalam kehidupan dapat diperoleh dengan cara mendekatkan semua hal yang membawa manusia lebih mendekat kepada Allah, sehingga membuatnya berhak atas, pertolongan dan ampunan Allah. Berikut orang-orang yang berhak mendapat syafaat dan memberikan syafaat di kehidupan duniawi, antara lain:

Bertaubat

Allah berfirman, “Katakanlah, ‘… janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia yang pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu…’” (QS. Az-Zumar : 53-54)

Baca Juga : Inilah Syafa’at yang Spesial Bagi Para Sepasang Kekasih Halal

Dengan bertaubat yang sesungguhnya, kita akan diberikan ampunan dan dihapuskan segala dosa. Bahkan dosa syirik dapat diampuni dengan taubat yang sebenar-benarnya taubat. Karena sesungguhnya syafaat terbesar adalah syafaat dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala.

Iman Sejati

Allah Subhanallah wa Ta’ala berfirman: “Hai orang-orang yang beriman (kepada Para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hadid : 28)

Dalam ayat tersebut Allah menyeru seluruh hamba-Nya yang beriman untuk memiliki iman yang sejati, maka baginya cahaya penerang (hidayah) dan ampunan-Nya.

Beramal Saleh

“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Maidah : 9)

Ayat ini menjelaskan tentang balasan bagi orang-orang yang beriman yang melakukan amal kebaikan akan diberikan pahala dan ampunan. Terdapat banyak ayat lain yang menjelaskan tentang balasan bagi orang-orang yang beriman yang berbuat amal saleh.

Al-Qur’an

“Dengan kitab Itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” ( QS. Al- Maidah : 16)

Para Nabi dan Rasul

“Dan Kami tidak mengutus seseorang Rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya Jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisa : 64)

Para malaikat

“Dan berapa banyaknya Malaikat di langit, syafaat mereka sedikitpun tidak berguna, kecuali sesudah Allah mengijinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridhai (Nya).” (QS. An-Najm : 26)

Kaum mukmin

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir.”” (QS. Al-Baqarah : 286)

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Syafaat Pada Hari Kiamat dapat Diperoleh dengan Amalan ini!

Originally posted 2017-08-22 03:19:49.