Bagi Makmum, Perlu Memperhatikan Hal ini Ketika Imam Sholat Melakukan Kesalahan

Sumber foto dari kompasiana.com
HIJAZ.ID Banyak hal yang memengaruhi seseorang ketika sholat, baik gangguan dari dalam diri manusia maupun gangguan yang berasal  dari luar. Gangguan dari dalam diri manusia terkadang muncul dari hati dan pikiran manusia tentang sesuatu, sedangkan gangguan dari luar misalnya ketika imam sholat lupa melakukan salah satu rukun sholat atau melakukan kesalahan. Kedua macam gangguan tersebut sama-sama memengaruhi kekhusukan seseorang saat sholat. Lantas bagaimana yang seharusnya dilakukan saat imam melakukan kesalahan atau lupa saat sholat? Berikut simak ulasannya.

Dari Sahl bin Sa’d Radhiyallahu ‘anhuRasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa yang ingin mengingatkan sesuatu dalam sholatnya, hendaklah mengucapkan, ’Subhaanallah’.”(Al-Bukhari (No. 1218) dan Muslim (No. 421))

Berkaitan dengan cara meningatkan imam, maka dijelaskan bahwa bagi makmum laki-laki yaitu mengucapkan tasbih sedangkan makmum perempuan menepuk tangan. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Nabi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa yang terganggu dalam sholatnya oleh suatu hal maka bertasbihlah, sesungguhnya jika dia bertasbih hendaknya menengok kepadanya, dan bertepuk tangan hanyalah untuk kaum wanita.” (HR. Bukhari No. 652, Muslim No. 421, Abu Daud No. 940, Ibnu Hibban No. 2260, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 3147, 5089, Ibnu Khuzaimah No. 1623, Malik dalam Al Muwaththa’ No. 390)

Hadits tersebut selaras dengan penuturan Syeikh Sayyid Sabiq Rahimahullah, bahwasanya:

“Dibolehkan bagi laki-laki bertasbih dan bertepuk tangan bagi wanita, jika ada hal yang membuatnya tidak nyaman seperti: mengingatkan imam ketika berbuat kesalahan, memberi izin kepada orang yang akan masuk, atau memandu orang buta atau yang semisalnya.” (Fiqhus Sunnah,1/264)

Namun mengenai cara mengingattkan imam tersebut terdapat perbedaan pendapat, menurut Imam Malik cara mengingatkan makmum laki-laki atau perempuan itu sama saja yaitu dengan bertasbih . Beliau berkata bahwasanya:

Imam Malik berkata: yang disyariatkan adalah yang mesti dilakukan oleh kaum laki-laki dan wanita semuanya adalah bertasbih, bukan bertepuk tangan.” (Mir’ah Al Mafatih, 3/358)

Sedangkan menurut Imam Abu Thayyib Syamsul ‘Azhim, perempuan dilarang bertasbih saat mengungatkan imam sholat karena dikhawatirkan terjadi fitnah akibat suara. Beliau mengatakan:

“Wanita dilarang bertasbih karena mereka diperintahkan untuk merendahkan suaranya dalam sholat secara mutlak sebab dikhawatiri terjadi fitnah, sedangkan dilarang bagi kaum laki-laki untuk melakukan tepuk tangan karena itu adalah perbuatan kaum wanita.”  (‘Aunul Ma’bud, 3/152)

Baca Juga: Sering Sholat dengan Tergesa-Gesa, Perhatikan Hukum Ini!

Namun terkait dengan mengingatkan imam, tidak dianjurkan untuk menggunakan kata-kata selain bahasa Arab. Seperti Yang diterangkan Mu’awiyah bin Hakam As-Sulami Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi  Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

”Sesungguhnya sholat ini, tidaklah layak di dalamnya sesuatu pun berupa ucapan manusia.”

Begitu pula pernyataan Syeikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin Rahimahullah menjawab:

“Benar bahwa ucapan (berkata-kata) bisa membatalkan sholat, yaitu perkataan (ucapan) manusia…”

Juga disebutkan oleh Syeikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al-Jibrin Rahimahullah:

“Jika memang dibutuhkan untuk berkata-kata dalam rangka ada kebutuhan dalam sholat, ketika imam tidak memahami maksud kita, maka mungkin bisa memilih kalimat dari Al Qur’an jika kita menghafalnya. Misalnya, jika kita menghendaki imam untuk berdiri, kita baca firman Allah Ta’ala”.

Dengan demikian maka sangat dianjurkan untuk mengingatkan ketika imam melakukan kesalahan, namun tentunya sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Sudah menjadi hal yang manusiawi ketika terkadang imam melakukan kesalahan, oleh karena itu sebagai makmum sudah selayaknya melengkapi kekurangan imam tersebut dengan cara mengingatkannya, agar sholat pun dapat dilakukan sebaik-baiknya. Sungguh Allah memberikan kemudahan dibalik setiap urusan makhluk-Nya.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Melakukan Sholat ini 2 Rakaat Senilai dengan Memberikan 360 Sedekah

Originally posted 2017-08-24 02:05:58.