Inilah Cara Wanita Haid Meraih Keistimewaan di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

 

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Alhamdulillah kita sudah memasuki tanggal 1 bulan Dzulhijjah yang begitu mulia. Bukti kemuliaannya terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Fajr ayat ke dua, dalam ayat itu Allah bersumpah atas nama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Karena kemuliaan itu, hari ini dan sembilan hari yang akan datang insya Allah menjadi musim kebaikan bagi umat Islam. Maka semua umat Islam yang mengetahuinya pasti akan berlomba-lomba untuk maraih pahala dan ridha Allah Subhanallahu wa Ta’alla.

Selain sumpah Allah dalam surat Al-Fajr ayat ke dua yang menunjukkan keistimewaan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, terdapat beberapa bukti keutamaan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah ini. Dalam sabdanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda: “Hari-hari yang paling utama di dunia adalah sepuluh hari (pertama bulan Dzulhijjah),” hadits terdapat di kitab Shahih Al-Jami’ As-Shagir No. 1133

Adapula hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya:

“Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari yang sepuluh ini (yaitu sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula berjihad di jalan Allah?” Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Bukhori)

Baca Juga : Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim yang Harus Diketahui!

Saat ini kita sudah berada di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, jadi tunggu apalagi untuk meraup pahala dan ridha Allah. Ada beberapa amalan yang diutamakan di bulan Dzulhijjah. Begitu pula dengan para wanita yang sedang haid, tentu tetap bisa menjalankan ibadah dan mendapat pahala serta meraih ridha-Nya. Insya Allah.

Adapun amalan untuk wanita haid yang ingin meraih keistimewaan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, salah satunya yakni memperbanyak dzikir. Sebagaimana Allah berfirman yang artinya:

“Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.” (QS. Al-Hajj : 28)

Menurut Imam Bukhari dalam hadits shahihnya dinukilkan dari Ibnu Abbas menafsirkan “hari yang telah ditentukan” adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Jadi wanita yang sedang haid tak perlu ragu lagi untuk memperbanyak dzikir dengan mengagungkan asma Allah, dan dengan bertutur kata yang baik.

Amalan yang kedua yang dapat dikerjakan wanita yang sedang haid adalah memperbanyak do’a. Sebagaimana Allah sangat menyukai hamba-Nya yang sering berdo’a dan akan mengabulkan permohonan setiap hamba yang berdo’a. Firman-Nya dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 186 yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasannya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Oleh karena itu, jika kita memperbanyak berdo’a di hari-hari yang dimuliakan dan diutamakan maka pasti akan menjadi lebih baik dan semakin dekat dengan Allah serta lebih mudah diijabah.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Pedoman Media Siber

Originally posted 2017-08-24 04:45:54.