Simak Keutamaan Agung Hari Jumat ini yang Sering Dilupakan Oleh Sebagian Muslim

Sumber foto dari pinterest.com
HIJAZ.ID Jumat merupakan hari agung bagi kaum muslimin diantara hari lainnya. bahkan terdapat amalan-amalan yang dikhususkan diamalkan pada hari Jumat, diantaranya anjuran untuk sering bersholawat, baca surah Al Kahfi, dan lain sebagainya. Sholat istimewa yang hanya dilakukan satu kali dalam seminggu juga dilaksanakan pada hari jumat yaitu sholat jumat. Lantas apa saja keutamaan hari Jumat? Yuk simak ulasannya.

Tentang keutamaan hari Jumat dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin sholat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Hal tersebut juga dituturkan oleh Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

Hari Jumat merupakan hari dimana doa seorang hamba akan lebih mudah untuk dikabulkan, seperti yang telah dijelaskan dalam beberapa hadits. Dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 “Hari jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslimpun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘ashar.” (HR. Abu Dawud)

Baca Juga: Keutamaan Perbuatan Sederhana ini Mampu Melapangkan Rezeki dan Memperpanjang Umur

Pernyataan tentang hari yang mustajab untuk berdoa dijelaskan pula oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Jumat sebagai hari istimewa seorang muslim yang diberikan oleh Allah Subhanahu wata’ala disebutkan dalam hadits dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Allah menyesatkan orang-orang sebelum kami pada hari jum’at, Yahudi pada hari sabtu, dan Nasrani pada hari ahad, kemudian Allah mendatangkan kami dan memberi petunjuk pada hari jum’at, mereka umat sebelum kami akan menjadi pengikut pada hari kiamat, kami adalah yang terakhir dari penghuni dunia ini dan yang pertama pada hari kiamat yang akan dihakimi sebelum umat yang lain.” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

Shalawat merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk diamalkan terutama pada hari Jumat seperti yang dijelaskan dalam hadits dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

Keistimewaan yang Allah berikan tak ubahnya seharusnya menjadi motivasi bagi kita untuk meraih keistimewaan sebanyak-banyaknya yang telah Allah siapkan pada hari Jumat. Bahkan Jumat merupakan waktu mustajabah untuk berdoa, yang mana hal tersebut sudah jelas dituturkan dalam beberapa hadits. Maha Kuasa Allah dengan segala Rahmat-Nya

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Rahasia Dibalik Keutamaan 10 Ayat Pertama Surah Al Kahfi yang Bisa Mencegah Fitnah Dajjal

Originally posted 2017-08-24 15:44:53.