Bagaimana Cara Mendidik Anak Menurut Kaca Mata Islam?

Sumber Foto Dari : Google

HIJAZ.ID Setiap orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang cerdas, membanggakan, dan memiliki akhlak yang jempolan. Untuk mewujudkan harapan tersebut ada cara untuk mewujudkannya. Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin juga sudah menyajikan pedoman bagi orang tua untuk mencapai harapannya tersebut.

Islam menjadikan kedudukan anak memiliki tempat istimewa tersendiri dalam kamus manusia sebagai orang tua. Karena anak merupakan aset terbesar dan generasi penerus yang sangat berharga.

Kedudukan anak yang sangat berharga menjadikan pentingnya pendidikan untuk mengasah kemampuan dan kepribadian anak. Pendidikan yang paling baik dalam agama Islam yakni pendidikan yang sesuai dengan tuntunan ajaran Al-Qur’an dan Hadits.

Berikut ini cara mendidik anak menurut kaca mata Islam yang harus diketahui antara lain :

Baca Juga : Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim yang Harus Diketahui!
Mengenalkan dan Mengakrabkan Anak pada HabbuminnAllah

Ketika setiap orang tua telah memiliki seorang anak, maka kewajiban pertama yang harus dilakukan adalah mengenalkan anak kepada Robbnya. Kenalkan tuhan yang menciptakan seluruh manusia dan alam semesta adalah Allah Subhanallahu wa Ta’alla. Kasih sayang-Nya lah yang membuat seluruh makhluk hidup dapat bernafas, dan memiliki rejekinya masing-masing. Karena kita telah diberikan limpahan kasih sayangnya, oleh karena itu sepatutnya kita bersyukur dengan cara melaksanakan shalat yang lima waktu.

Selain cara tersebut untuk mengenalkan pada anak tentang Allah. Setiap orang tua dapat menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahmi oleh anak. Setelah anak dikenalkan dengan Dzat yang satu. Akrabkan setiap diri anak dengan melaksanakan shalat wajib lima waktu.

Perkenalkan pada Anak untuk Berakhlak Baik

Rasulullah Shallallahu ‘Alahi wa Sallam diutus oleh Allah untuk memperbaiki akhlak yang ada pada diri setiap manusia. Sebagimana firman Allah,

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا اللهَ وَالْيَوْمَ اْلأَخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. [Al Ahzab:21].

Berdasarkan dalil Al-Qur’an tersebut, sangat jelas tergambarkan bahwa dalam diri Rasul terdapat akhlak yang indah. Dan dalam Islam, akhlak yang baik sangat penting untuk menunjang hubungan baik dengan orang lain. Maka ajarkanlah anak-anak dengan memberi contoh berakhlak yang baik dengan semua orang yang ada di sekitarnya.

Menanamkan Dasar Pondasi yang Kuat Pada Anak

Setiap orang tua harus menanamkan landasan kuat iman, santun kepada sesama, serta kuat pula ilmunya pada diri setiap anak. Dengan kekuatan iman, sikap santun, dan ilmu yang baik maka anak akan terhindar dari melencengnya iman dan tantangan jaman lainnya.

Hal ini berlandaskan pada kekhawatirkan Nabi terhadap umat dibelakangnya yang akan seperti busa di lautan, banyak namun tidak berpendirian.

Oleh karena itu, sebagai orang tua atau calon orang tua mari kita didik putra-putri kita sesuai dengan kaca mata Islam. Setelah ikhtiar berusaha mendidik sesuai dengan kaca mata Islam, barengi usaha tersebut dengan berdo’a agar selalu diberi kemudahan, dan keistiqomahan dalam mendidik anak.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Apakah Orang Tua Menanggung Dosa Anak yang Nakal?

Originally posted 2017-08-25 03:35:19.