Isi Harimu dengan Amalan Ini Agar Terhindar dari Galau

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Pada zaman yang semakin modern dimana segala dapat diperoleh tanpa harus berletih-letih. Inilah jaman dimana semuanya menjadi instan. Kemoderenan ini memudahkan segala aktifitas manusia. Namun, membawa dampak candu bagi setiap orang yang sudah menikmati fasilitas serba instan. Ketika mereka sudah mengalami kecanduan dan lupa akan waktu, jadilah ia semakin dekat dengan dunia dan semakin jauh dari Sang Pencipta.

Jauhnya manusia dari Penciptanya dan terus asyik menikmati kenyamanan teknologi yang semakin modern, menyebabkan segian besar hati manusia menjadi resah, gelisah, atau istilah paling top zaman sekarang adalah galau.

Setiap manusia berbeda-beda dalam menyikapi perasaan galau yang mereka alami. Ada yang paham dan kembali menguatkan iman, ada pula yang berpaling dan mencari kawan yang tak sejalan. Manusia yang pertama tentu akan selamat, sedangkan manusia yang kedua hanya akan mendapatkan kesenangan dunia dan akan semakin galau dan jauh dari Robbnya. Naudzubillah.

Sebagai manusia yang hidup di masa kini, kita harus mengantisipasi diri kita agar terhindar dari kegalauan. Berikut amalan yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Hati Anda Sedang Gelisah, ini Obatnya!
Al Qur’an

Kitab suci Al-Quran meruapakan kitab suci sebagai pedoman hidup yang paling benar, karena tidak pernah terjadi revisi oleh campur tangan manusia di dalamnya. Oleh karena itu, Al-Qur’an menjadi obat hati terutama dan termanjur. Dengan membaca dan menghayati makna isi kandungan Al-Qur’an, kita akan mendapatkan terapi ketenangan serta mendapatkan jawaban atas permasalahan kita itu, karena biasanya terkadang ayat yang kita baca berhubungan dengan apa yang dialami.

Rasulullah pun menganjurkan kita untuk membaca Al-Qur’an agar senantiasa diberikan petunjuk, dan setiap orang yang mendapat petunjuk pastilah tidak akan galau karena hatinya diterangi cahaya Illahi. Adapun haditsnya Nabi SAW, “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” [HR. Muslim 804]

Puasa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعد الله بذالك وجهه عن النار سبعين خريفا

“Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Shalat Tahajud

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ.

“Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.”

Allah Swt berfirman, “Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya). (Yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan (tartil).” (QS. al-Muzzammil: 1-4).

Dzikir

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berdzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang”. (Ar-Ra’du: 28).

Bersahabat dengan Orang Shalih/Shalihah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita agar bersahabat dengan orang yang dapat menunjukan kebaikan kepada kita sebagaimana sabdanya.

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa)

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Inilah Kerugian Bagi Yang Memilih Tidur Setelah Subuh!

Originally posted 2017-08-29 05:36:15.