Inilah Pahala Sunnah yang Bisa Didapatkan di Masjid dan Seringkali Diabaikan!

Sumber Foto Dari: www.assalammadani.or.id

HIJAZ.ID – Tidakkah Allah menciptakan manusia kecuali untuk senantiasa menyembah kepada-Nya. Mengupayakan amal kebaikan dalam setiap sisi kehidupan, agar kelak menghadap-Nya dengan sebaik-baik perbekalan. Telah Allah limpahkan kesempatan yang tak terhitung banyaknya. Hanya sebagian manusia yang seringkali lalai dan kurang memanfaatkan. Bila diperhatikan, selalu ada saja yang bisa kita upayakan untuk menambah catatan kebaikan. Masalahnya, pada saat bersamaan syaitan menebar godaan agar perhatian kita justeru terfokus pada lain hal dan meninggalkan pintu-pintu kebaikan. Membuat kita lupa, teralihkan pikiran pada lain hal.

Tersebab itulah mengapa Allah menuntun manusia agar senantiasa berdzikir kepada-Nya. Agar kiranya di setiap hela nafas yang memenuhi rongga dada, kita senantiasa ingat dan bermohon perlindungan kepada-Nya. Agar Allah memberikan kemudahan pada kita, membukakan jalan untuk terus berada pada setapak ridha dan keberkahan-Nya.

Melaksanakan ibadah shalat berjamaah di masjid sudah menjadi tuntunan yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim laki-laki. Sebagian ulama bahkan mewajibkan bagi laki-laki muslim untuk bisa senantiasa menjaga jamaahnya di masjid. Ketetapan itu tidak lepas dari hikmah dan ganjaran yang teramat istimewa. Karenanya sangat ditekankan bagi setiap laki-laki muslim untuk terus berupaya menjaganya.

Tetapi apakah kita sudah benar-benar memaksimalkan kesempatan memperoleh ganjaran ketika berada di dalam masjid? Ada beberapa amalan yang sesungguhnya sederhana, tetapi seringkali terabaikan oleh kita. Amalan yang datangnya dari ajaran Rasulullah, yang bila dikerjakan dengan niat menegakkan sunnah dan berharap keridahaan Allah, tentu akan berpeluang menjadi catatan-catatan pemberat amal kebaikan kelak di akhirat.

Baca Juga: Benarkah Tuntunan Memotong Kuku di Hari Jum’at Dari Rasulullah?

1) Masuk dengan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri. Perihal ini tentu teramat jarang diamalkan. Sebab kebanyakan manusia tidak mengetahui dan tidak terbiasa mengerjakan. Hendaknya saat memasuki masjid kita mendahulukan kaki kanan dan saat keluar mendahulukan kaki kiri. Sebagaimana tertera jelas dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik, hadist yang diriwayatkan oleh Hakim, “Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika Anda masuk Masjid, Anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.”

2) Berdo’a saat masuk dan keluar. Jika adab mendahulukan kaki saja belum banyak diketahui, terlebih lagi do’a yang diajarkan untuk dibaca ketika masuk dan keluar pintu masjid. Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah, dijelaskan dalam sebuah riwayat Imam Muslim, bahwa hendaknya setiap muslim dan muslimah memanjatan do’a, “Allahumaftahlii abwaaba rahmatik’ yang artinya “ya Allah, buka lah pintu – pintru rahmat-Mu”. Hal ini senada dengan salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya : “Jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaftahlii abwaaba rahmatik’. Jika keluar dari masjid, ucapkan lah : ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik.”

3) Shalat Tahiyatul Masjid. Ketika sudah berada di dalam masjid, sebelum kemudian duduk, kita diajarkan untuk mendahululan shalat dua rakaat. Dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim jelas tertuang, Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk.” 

Demikianlah beberapa amalan sunnah yang bisa kita peroleh saat berada di dalam masjid. Semoga Allah senantiasa membimbing dan melimpahkan kemudahan pada kita untuk terus memperbaiki kuaitas amal di setiap waktu. Semoga kelak Allah mematikan kita dalam keadaan yang siap dan membawa sebaik-baiknya bekal menuju-Nya.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Mandi Sebelum Melaksanakan Shalat Jum’at?

Originally posted 2017-08-28 07:02:58.