Sering Menguap atau Bersin? Perhatikan Hal ini!

Sumber foto dari anatuk.com
HIJAZ.ID Bersin dan menguap merupakan suatu kebiasaan yang terjadi secara reflek dari dalam diri manusia, tidak mengenal tempat dan waktu. Suatu respon tubuh secara otomatis ini terjadi untuk merespon adanya gangguan, baik dari dalam maupun luar tubuh. Pada umumnya masing-masing individu memiliki gaya masing-masing saat sedang bersin atau menguap. Lantas bagaimana hukum dalam Islam yang mengatur tentang adab bersin dan menguap? Berikut simak ulasannya.

Berkaitan dengan menguap telah dijelaskan dalam hadits yaitu dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim No. 2995)

Begitu pula dengan hukum bersin dan menguap telah dijelaskan oleh  Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah’, maka setan akan menertawainya.” (HR. Bukhari No. 6223 dan Muslim No. 2994)

Baca Juga: Menjaga Kebiasaan Baik ini Mampu Menghapus Dosa Hingga Membukakan Pintu Surga

Dan juga dijelaskan tentang adab ketika bersin yaitu hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 “Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “alhamdulillah” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, “yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Bukhari No. 6224 dan Muslim No. 5033)

Demikian pula, disebutkan bahwa menguap terdapat hubungannya dengan gangguan setan. Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 “Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim)

Dan juga menjawab bersin seseorang meruapakan hak seorang muslim atas muslim yang lain. Dijelaskan dalam suatu hadits, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam: jika engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundangmu maka datanglah, jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah nasihat, jika ia bersin lalu ia mengucapkan alhamdullilah maka doakanlah, jika ia sakit maka jenguklah, jika ia meninggal maka iringilah jenazahnya.” (HR Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, dijelaskan bahwa Allah lebih menyukai bersin karena daripadanya bersin dapat menyehatkan badan (mengeluarkan kotoran dari tubuh), sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk beribadah. Sedangkan menguap cenderung dapat membuat seseorang malas untuk melakukan ibadah. Sungguh hanya pada-Nya lah kita berlindung dari segala keburukan.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Allah Akan Meninggikan Derajat & Para Malaikat Menaungi dengan Sayapnya Bagi Orang yang Melakukan Hal Sederhana ini!

Originally posted 2017-08-28 13:36:29.