7 Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

Sumber Foto Dari: letshijrah.com

HIJAZ.ID – Terkadang anjuran untuk melakukan sebuah amalan belum cukup bagi sebagian manusia untuk kemudian bersedia mengerjakan. Keyakikan bahwa apa-apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya memang harus didukung dengan pembuktian ilmiah. Agar setiap manusia semakin yakin, jika Islam benar-benar mengatur dengan baik kehidupannya. Tanpa riset dan kajian pengetahuan berkualitas, Islam telah lebih dahulu mengetahui apa-apa yang baik lagi bermanfaat bagi manusia dan apa yang tidak.

Maka tidak heran bila banyak pakar menemukan sesuatu yang didasari dari ayat Qur’an atau hadist Rasulullah. Dalam bidang apa pun. Bukankah telah banyak bukti kebenaran Qur’an, lantas mengapa masih banyak pula yang ragu terhadapnya?

Di antara beribu amalan yang jelas bermanfaat bagi kehidupan manusia, ialah berwudhu sebelum tidur salah satunya. Rasulullah dalam sebuah hadist menganjurkan kepada umatnya untuk mengamalkan wudhu sebelum tidur. Pada hadist-hadist yang menjelaskan keutamaan wudhu sebelum tidur, bahwasanya ketika seseorang berwudhu sebelum tidur, maka akan hadir bersamanya malaikat hingga bangunnya. Dan tidaklah bangun seseorang yang berwudhu sebelum tidurnya, kecuali malaikat memohonkan doa kepadanya dan memohonkan ampun atas segala dosanya.

Selain itu, bila secara qodarullah seseorang yang berwudhu sebelum tidur itu tidak bangun lagi keesokan harinya sebab kematian, maka matinya akan dihitung sebagai syahid di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Beberapa keutamaan itu berdasar pada keyakinan spiritual seseorang. Sebab tidak semua manusia yakin pada sesuatu yang belum nampak di hadapan matanya, maka perlu untuk mengkaji manfaat berwudhu sebelum tidur dari tinjauan yang berbeda.

Dalam dunia kesehatan, para pakar sepakat menyarankan kepada semua orang untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Terkhusus pada bagian-bagian yang sering digunakan dan sentral posisinya. Semisal tangan, mengapa para dokter sangat menganjurkan untuk tidak lupa mencuci tangan? Sebab pada telapak-telapak tangan kita sangat mudah terkena serangan kuman berbahaya, yang bila tidak dibersihkan akan menyebar ke bagian tubuh lain. Parahnya bila tangan yang berkuman kemudian digunakan untuk makan.

Tersebab itulah maka menarik bila meninjau wudhu sebagai bagian dari upaya menjaga kebersihan tubuh. Mari kita perhatikan, wudhu ialah suatu kegiatan bersuci yang runtutan prosesnya hampir melibatkan seluruh bagian tubuh. Di awali dari membasuh telapak tangan, kemudian membersihkan mulut, hidung, wajah, tangan hingga siku, rambut hingga telinga, dan di akhiri dengan mambasuh kedua kaki hingga matanya.

Apakah kita pernah berpikir, mengapa harus telapak tangan lebih dulu yang dibasuh? Tidak kepala, kaki, mulut atau bagian yang lainnya? Bukankah membasuh telapak tangan saat wudhu memiliki kesamaan dengan anjuran dokter menjaga kebersihan tangan? Bila seseorang shalat lima kali dalam sehari, maka secara tidak sadar ia sudah menjaga kebersihan tangannya dengan berwudhu sebanyak lima kali.

Agar semakin jelas bahasannya, maka mari perhatikan 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dari berwudhu sebelum tidur:

Baca Juga: Allah Murka Pada Orang yang Tidur Dengan Posisi Begini!

1) Terbebas dari kuman jahat. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kuman akan mudah menempal pada apa saja benda yang ada di sekitar kita. Semisal remot televisi, pegangan pintu, pena, buku, laptop dan peralatan lain yang sering kita gunakan sehari-hari. Sebab itu penting untuk rutin membersihkan tangan agar kuman yang menempel tidak menyebar kemana-mana.

Berwudhu menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk membersihkan tangan dari jangkitan kuman-kuman. Penelitian terakhir menjelaskan, bahwa dengan berwudhu, seseorang dapat terhindar dari kuman yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatannya.

2) Struktur wudhu yang menyehatkan. Wudhu ialah membersihkan diri dari hadas atau kotoran yang menempel pada tubuh. Sebagaimana hakikatnya, bila kita perhatikan, wudhu memang memiliki struktur yang bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Ketika tidur, kuman dan bakteri yang masih menempel pada tubuh akan dengan mudah menjangkit dan mengganggu kesehatan. Sebab itulah para pakar kesehatan menganjurkan untuk membasuh wajah, menyikat gigi, dan beberapa aktivitas lain yang ditujukan untuk menghilangkan kuman-kuman.

Coba perhatikan, bila seseorang berwuhdu, berarti ia bukan hanya membasuh telapak tangannya, bukan hanya membersihkan bagian mulutnya, bukan juga sekadar membersihkan wajahnya, Tetapi hampir seluruh bagian tubuh dibersihkan. Hingga bagian hidungnya, rambut hingga telinganya, tangan sampai ke sikunya, hingga kaki sampai ke matanya. Semua bagian penting ini dibersihkan ketika seseorang berwudhu. Maka di saat tidur, semua anggota tubuh dalam keadaan bersih dan terhindar dari kuman-kuman berbahaya. InsyaAllah.

3) Relaksasi otot. Di saat siang hari, otot manusia terus bekerja menunjang aktivitas yang dilakukan. Otot-otot yang rutin digunakan itu juga perlu mendapatkan perawatan atau biasa disebut dengan relaksasi. Pada aktivitas berwudhu, terdapat beberapa gerakan yang mampu membuat otot menjadi rileks.

Secara psikologis, seseorang yang telah berwudhu akan mengalami keadaan tubuh yang lebih rileks. Serta anggota tubuh yang kembali dalam kondisi segar. Sehingga saat tidur, anda tidak terganggu oleh rasa kurang nyaman tersebab beberapa bagian tubuh yang keram atau terasa sakit.

4) Mencerahkan kulit. Di saat banyak orang hari ini sibuk dengan berbagai perawatan untuk mencerahkan kulitnya, sesungguhnya orang Islam sudah memiliki solusinya sejak 1500 an tahun lalu. Ialah berwudhu. Coba perhatikan, mengapa di raut wajah orang-orang shaleh seperti terpancar aura bercahaya. Wajahnya cerah yang meneduhkan. Bukan cerah tersebab perawatan jutaan. Apakah ulama dan tokoh agama juga perawatan? Ya, merekalah para pegiat wudhu, menjaga kesucian dirinya dengan sangat baik. Hingga terpancar dari wajahnya cahaya cerah. Tanpa harus repot pergi ke salon dengan biaya yang tidak sedikit.

Pakar kecantikan berujar, bahwa dengan berwudhu akan mampu menghilangkan kotoran membandel dari wajah seseorang. Sehingga dengan wudhu tersebut, wajahnya menjadi lebih segar dan bersih.

5) Mencegah penyakit kulit. Kuman serta bakteri tidak jarang menyebar dari bagian tubuh yang sering bersentuhan langsung dengan benda-benda, seperti tangan dan kaki. Menjaga wudhu termasuk sesaat sebelum tidur merupakan kebiasaan yang baik untuk membersihkan bagian-bagian itu dari kuman. Sebab ketika kuman serta bakteri itu menempel pada kasur tempat di mana kita tidur setiap hari, maka kemungkinan akan menyebar dan menjangkiti tubuh semakin besar.

Kemudian bagian wajah yang juga sangat penting dijaga kebersihannya. Aktivitas sehari-hari jelas menyisakan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Sebab itu perlu untuk membersihkannya sebelum hendak tidur. Terapi menghilangkan jerawat dengan berwudhu pun sudah dilakukan oleh cukup banyak orang. Dan sebagian dari mereka telah mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

6) Menormalkan detak jantung. Seorang dokter ahli jantung, Ahmad Syauqy di London pernah melakukan sebuah penelitian dan menemukan. Ketika seseorang berwuhdu, maka ada proses di mana detak jantungnya menuju titik stabil atau kembali normal.

Kesehatan jantung memang penting, sebab ianya menjadi paling sentral di tubuh manusia. Kerja jantung yang tidak stabil atau seringkali berdetak di atas batas normalnya akan memungkinkan seseorang menderita sebuah penyakit disebabkan lelahnya kerja jantung. Karenanya berwudhu sangat bermanfaat untuk menjaga kerja organ paling utama di tubuh kita, agar tidak terserang oleh gejala-gejala penyakit yang sangat berbahaya.

7) Menyembuhkan insomnia. Penyakit insomnia memang sangat mengganggu siapa pun yang menderitanya. Sebab tidur merupakan kebutuhan setiap orang yang ada batas minimalnya. Jika tidurnya terganggu, maka dalam jangka waktu tertentu ia akan merasakan bagian-bagian di tubuhnya pun ikut terganggu. Karena saat tidur, sel akan reproduksi secara dengan maksimal. Berbeda ketika seseorang tidak tidur. Maka penting sekali mengistirahatkan diri dengan tidur minimal 4 jam dalam satu hari.

Bila anda termasuk yang susah tidurnya atau menderita insomnia, maka cobalah merutinkan berwudhu sebelum tidur. Kemudian iringi prosesnya dengan terus berdzikir pada Allah. Amalan ini telah dibuktikan oleh tidak sedikit orang yang kemudian berhasil sembuh dari serangan insomnia.

Demikianlah 7 manfaat dari berwudhu sebelum tidur. Semoga dengan mengetahui manfaat-manfaatnya, mampu menggerakkan hati kita untuk segera mengamalkan sunnah Rasulullah. Agar kemanfaatan itu tidak hanya kita rasakan di dunia, tapi juga kelak hingga di akhirat. Semoga apa-apa yang kita lakukan di dunia senantiasa di catat sebagai ibadah, sebab dalam pengerjaannya di dasarkan pada perintah jelas dan senantiasa berharap keridhaan Allah.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur!

Originally posted 2017-09-11 06:35:04.