Apa Saja Makanan dan Minuman Kesukaan Rasulullah yang Tercatat dalam Hadits?

Sumber Foto Dari : vemale.com

 

HIJAZ.ID Maha Suci Allah yang telah menciptakan manusia sempurna, penutup para Nabi dan Rasul. Akhlaknya yang mulia serta hatinya yang selalu terjaga. Itulah Rasulullah, panutan hingga akhir zaman.

Sekilas kita tenggok kembali sirah Rasulullah mengenai apa saja yang Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Salam sukai. Pengetahuan tersebut semoga menjadi penyemangat dan menambah rasa mahabbah dalam diri kita kepada kekasih Allah yakni Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Salam.

Berikut ini makanan dan minuman yang pernah Rasulullah makan. Rasulullah itu sangat jauh dari cinta dunia, oleh karena itu Rasulullah hanya akan makan segala sesuatu yang Allah halalkan. Begitu juga dengan cara suka dengan makanan yang tak berlebihan

1. Ayam.

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallah berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan ayam (HR. al-Bukhari)

2. Burung

Safinah RA meriwayatkan : Aku pernah memakan daging burung hubara bersama Rasulullah SAW. (HR. Abu Daud dan al Tirmidzi)

Baca Juga : Apakah Makan Menyebabkan Wudhu Menjadi Batal?
3. Makanan Manis

Diriwayatkan oleh Bukhari dari Aisyah r.a. katanya Nabi s.a.w. amat gemar makanan manis-manis dan madu…Telah berkata Imam Ibnul Qayyim rahimahullah. “Dan petunjuk Rasulullah s.a.w. tentang minuman ialah baginda suka meminum madu yang dicampurkan dengan air sejuk.”

4. Kelinci

Dari Anas ibn Malik RA, berkata : Ketika kami berada Marr al Zhahran, kami mengejar seekor kelinci sampai berhasil menangkapnya, saya membawa kepada Abu Thalhah yang memotong dan menghadiahkan kedua pahanya kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW menerimanya. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

5. Minuman Manis

Menurut para ulama mengatakan bahwa minuman yang paling disukai Rasulullah adalah Al Hulwa Al Barid ( minuman yang manis dan dingin). Hal tersebut berdasarkan hadits yang berasal dari Aisyah Radhiyallahu.

“Sesungguhnya minuman yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah Al Hulwa Al Barid (minuman manis yang dingin).” (H.R. Tirmidzi)

Sementara Az-Zuhri menyatakan, bahwasannya Nabi SAW pernah ditanya, “Minuman apakah yang paling baik?” Beliau menjawab, “Minuman yang manis dan dingin.” (H.R. Ahmad)

Dalam hadits tersebut yang dimaksud air dingin yakni air yang didinginkan semalaman oleh hawa, atau yang disebut dalam kitab At-Tabikh karya Ibnu Sayyar dengan ma’mubarad bil hawa.’ Air dingin ini terkadang dijadikan bahan baku untuk membuat sirup yang disebut nabidz atau naqi’. Nabidz atau naqi’ adalah sirup kesukaan Rasulullah SAW dan menjadi sajian ketika diadakannya pesta pernikahan.

Abu Usaid As Sa’idi pernah mengundang Nabi SAW di hari pernikahannya, sementara istri Abu Usaid juga lah yang melayani mereka (para undangan) padahal ia sebagai pengantin (mempelai wanita). Isteri Abu Usaid berkata, “Apakah kalian mengetahui apa yang aku tuangkan kepada Rasulullah SAW?” “Aku tuangkan kepada beliau (minuman) dari rendaman kurma semalam di dalam kuali.” (H.R. Bukhari)

Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi rahimahullah mengatakan, “Rasulullah biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong”.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang pernah Rasulullah makan dan minum serta Rasulullah sukai selayaknya manusia biasa.

Wallahu A’lam bisshowab

Baca Juga : Bagaimana Sikap Rasulullah Ketika Ditolak Perempuan? Inilah Sikap Mulia Harus Ditiru!