Ancaman Tidak Mencium Bau Surga Bagi Wanita yang Melakukan Perkara Berikut Ini!

Sumber foto dari google.com
HIJAZ.ID Wanita adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah. Salah satu bukti dari keshalihahannya adalah dari aqidah dan akhlak, juga cara berperilaku yang tidak melanggar syari’at Islam, termasuk dalam cara berpakaian.

Banyak sekali bahasan mengenai wanita, terutama dalam urusan aurat. Banyak sekali yang mengabaikan perintah ini dan tidak disadari bahwa hal tersebut bisa menjadi petaka baginya kelak di hari kiamat. Berikut ini penjelasan dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal engenai wanita yang tidak bisa mencium bau surga karena dosa dan perbuatan yang dilakukan semasa hidupnya.

Sekarang kita sering melihat wanita buka-bukaan aurat. Kebanyakan wanita muslimah tidak mengetahui bahwa menutup aurat itu wajib. Ada yang sudah mengetahui namun masih bergampang-gampangan dalam membuka aurat di depan umum.

Salah satu hadits yang memperingatkan tentang dosa membuka aurat bagi wanita adalah hadits berikut ini. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim, no. 2128).

Baca Juga : Ingin Mendapatkan Pakaian Hijau dan Buah di Surga? Amalan Inilah Rahasianya!

Lihatlah dosa bagi wanita yang buka-buka aurat, yaitu tidak akan mencium bau surga padahal bau surga dapat dicium dari jarak yang amat jauh. Perbuatan ini termasuk dosa besar karena mendapatkan ancaman keras seperti itu.

Ada tiga sifat yang disebutkan dalam hadits ini.

  1. Wanita yang berpakaian tetapi telanjang.

Di antara tafsirannya adalah wanita yang menutup sebagian tubuhnya dan menyingkap sebagian lainnya. Contoh, pakai kerudung, namun rambutnya terlihat. Contoh lagi, pakai gamis, namun kakinya masih terlihat. Ada juga yang sengaja keluar rumah tanpa memakai jilbab sama sekali.

Padahal aurat wanita menurut kebanyakan ulama adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Kaki dan rambut kepala masih termasuk aurat yang wajib ditutup.

Ada juga tafsiran lainnya, wanita yang memakai pakaian yang tipis yang menampakkan warna badannya. Ini bisa terjadi juga dalam shalat, saat menggunakan rukuh atau mungkena yang tipis, tanpa mengenakan gamis atau jubah lagi di dalamnya.

2. Wanita yang maa-ilaat wa mumiilaat (berlenggak-lenggok)

Di antara maksud sifat kedua ini, maa-ilaat adalah berjalan sambil memakai wangi-wangian dan mumilaat yaitu berjalan sambil menggoyangkan kedua pundaknya atau bahunya.

3. Wanita yang kepalanya seperti punuk unta yang miring

Maksudnya adalah wanita yang sengaja memperbesar kepalanya dengan mengumpulkan rambut di atas kepalanya seakan-akan memakai serban (sorban). Contohnya seperti wanita yang memakai sanggul atau konde.

*) Penjelasan di atas diambil dari Syarh Shahih Muslim karya Imam Nawawi

Wallahu a’lam bish shawab.

Baca Juga : Adakah Waktu yang Tepat Untuk Walimah Menurut Islam?

 

Originally posted 2017-09-15 00:03:44.