Benarkah Pakaian Ahli Surga Berwarna Hijau?

Sumber foto dari google.com
HIJAZ.ID Sebagai seorang muslim, surga adalah tempat yang sangat dinginkan karena tahu bahwa neraka adalah tempat paling mengerikan untuk dijadikan tempat kembali nanti. Kehidupan di akhirat yang sifatnya abadi sudah seharusnya dinikmati dengan segala macam keindahan yang ada di surga ketimbang harus merasakan siksaan pedih yang sudah pasti sifatnya abadi dan menyakitkan pula, walaupun memang bagi muslim masih ada kesempatan untuk bisa masuk surga meskipun sempat dimasukkan terlebih dahulu ke dalam neraka.

Berbicara mengenai surga, tentu yang kita bayangkan adalah kenikmatan dan keindahan-keindahan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah mengenai keindahan pakaian ahli surga. Tentu, apa saja yang ada di surga tidak ada bandingannya dengan apapun yang ada di dunia ini. Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa pakaian ahli surga itu berwarna hijau, benarkah? Berikut ini penjelasan dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal.

Disebutkan dalam ayat Al Quran,

عَالِيَهُمْ ثِيَابُ سُنْدُسٍ خُضْرٌ وَإِسْتَبْرَقٌ وَحُلُّوا أَسَاوِرَ مِنْ فِضَّةٍ وَسَقَاهُمْ رَبُّهُمْ شَرَابًا طَهُورًا

Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Rabb mereka memberikan kepada mereka minuman yang bersih.” (QS. Al Insan: 21).

Baca Juga : Jika Mendapati Waktu-Waktu Berikut Ini, Perbanyaklah Bersedekah!

Dari Abu Romtsah Rifa’ah At Taimiy, ia berkata,

خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِ ثَوْبَانِ أَخْضَرَانِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (pakaian atas dan bawah) yang berwarna hijau.” (HR. An Nasai no. 5319. Hadits ini shahih menurut Syaikh Al Albani)

Dalam Tuhfatul Ahwadzi disebutkan, “Pakaian warna hijau adalah pakaian penduduk surga sebagaimana ada riwayat yang menyebutkan hal ini. Juga dalam ayat Al Quran disebutkan “Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau”. Warna hijau ini lebih mengenakkan pandangan dan selalu nampak indah.”

Syaikh As Sa’di menyatakan tentang ayat di atas, “Allah menjadikan untuk penduduk surga dua jenis pakaian sutera yang berwarna hijau.” Lihat Taisirul Karimir Rahman.

Ini juga menjadi dalil bahwa pakaian hijau adalah pakaian yang boleh dikenakan dengan alasan dalil Al Quran dan pakaian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Semoga kita bisa merasakan nikmatnya pakaian hijau tersebut kelak di surga. Allahumma inna nas-aluka al jannatal firdausal a’laa (Ya Allah, kami meminta pada-Mu surga Firdaus yang tertinggi).

Wallahu a’lam bish shawab.

Baca Juga : Meng-qadha Dzikir Pagi dan Petang, Bagaimana Hukumnya?

Originally posted 2017-09-16 06:50:02.