Benarkah Surat Al-Fatihah Memiliki Khasiat?

Sumber Foto Dari : kudo.co.id
HIJAZ.ID Al-Qur’an merupakan mukzizat Rasulullah, pedoman hidup umat, serta terdapat banyak khasiat setelah membaca dan mendengarkannya. Kerap sekali umat Islam mengunakan ayat-ayat Al-Quran sebagai media untuk mengeluarkan makhluk halus dari tubuh seseorang. Ada pula yang setelah membaca Al-Qur’an hatinya menjadi tenang dan tentram. Bahkan lewat beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang mendengar dan membaca Al-Qur’an akan menambahkan daya ingat orang tersebut.

Salah satu surat dalam Al-Qur’an yakni surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah terletak di awal surat, karena itu artinyapun pembuka. Selain memiliki arti pembuka, Al-Fatihah juga memiliki beberapa nama lain seperti   surat Al-Kafiyatu, dan As-Syafiyah. Al-Kafiyah yang berarti pencukup dan As-Syafiah yang berarti penyembuhan. Hal tersebut sejalan dengan firman Allah yang berfirman bahwa Al-Qur’an diturunkan sebagai penawar.

وَنُنَزّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظّالِمِينَ إَلاّ خَسَاراً

“Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (QS. Al-Israa’ : 82)

Baca Juga : Ampuni Hamba Ya Allah Meski Shalat Sudah Rutin, Tapi Maksiat Jalan Terus

 

Adapun dalam hadits Al-Fatihah sebagai penyembuh. Berikut kisah sahabat Abu Said Al-Khudriy yang meruqiyah.

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ نَ سًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانُوا فى سَفَرٍ فَمَرُّوا بِحَىٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَاسْتَضَافُوهُمْ فَلَمْ يُضِيفُوهُمْ. فَقَالُوا لَهُمْ هَلْ فِيكُمْ رَاقٍ فَإِنَّ سَيِّدَ الْحَىِّ لَدِيغٌ أَوْ مُصَابٌ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ نَعَمْ فَأَتَاهُ فَرَقَاهُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَبَرَأَ الرَّجُلُ فَأُعْطِىَ قَطِيعًا مِنْ غَنَمٍ فَأَبَى أَنْ يَقْبَلَهَا. وَقَالَ حَتَّى أَذْكُرَ ذَلِكَ لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-. فَأَتَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ. فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَاللَّهِ مَا رَقَيْتُ إِلاَّ
بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ. فَتَبَسَّمَ وَقَالَ « وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ ». ثُمَّ قَالَ  خُذُوا مِنْهُمْ وَاضْرِبُوا لِى بِسَهْمٍ مَعَكُمْ

“Bahwa ada sekelompok sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu berada dalam perjalanan safar, lalu melewati suatu kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung  tersebut enggan untuk menjamu. Penduduk kampung tersebut lantasberkata kepada para  sahabat yang mampir, “Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersebut tersengat binatang atau terserang demam.” Di antara para sahabat lantas berkata, “Iya ada.” Lalu iapun mendatangi pembesar kampung tersebut dan ia meruqyahnya dengan membaca surat Al-Fatihah. Maka pembesar kampung itupun sembuh. Lalu yang membacakan ruqyah tadi diberikan seekor kambing, namun ia enggan menerimanya, -dan disebutkan- ia mau menerima sampai kisah tadi diceritakan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu ia mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan menceritakan kisahnya tadi kepada beliau. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah?” Beliaupun bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian” (HR. Bukhari dan Muslim).

Terdapat juga kisah lain yang membuktikan surat Al-Fatihah sebagai penyembuh penyakit badan. Kisah tersebut diungkapkan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah sebagai berikut.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Aku pernah menginap di Makkah selama beberapa saat lalu aku jatuh sakit, aku tidak mendapatkan satupun dokter di sana, maka aku mencoba mengobati diriku sendiri dengan membaca surat Al-Fatihah, dan aku dapati perubahan yang sangat menakjubkan, sejak saat itu aku sering memberikan saran kepada orang-orang yang mengeluh akan penyakitnya untuk membaca Al-Fatihah dan banyak dari mereka mendapatkan kesembuhan dengan cepat.”

Demikian, sebagian kecil bukti kebesaran Allah lewat Al-Qur’an. Semoga kita dapat mempelajari lebih dalam keistimewaan Al-Qur’an yang banyaknya tak terhitung. Semoga pula kita dapat mengambil hikmah khasiat Al-Qur’an, serta menambah keimanan dalam diri kita.

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Hal-Hal yang Menyebabkan Shalat Menjadi Batal

Originally posted 2017-09-20 23:33:33.