Adakah Amalan Sederhana yang Sering Terlupa Sebelum Tidur?

Sumber Foto Dari : arrahmah.com
HIJAZ.ID Dunia ini merupakan tempat berbagai makhluk untuk hidup selain makhluk yang tampak, ada juga makhluk yang tidak tampak. Begitu pula dalam rumah kita. Rumah yang kita tempati, ternyata bukan hanya keluarga kita yang ada di dalamnya. Makhluk halus seperti jin dan setan yang kerap kali menggoda manusia.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, al-Qursyi pernah berkata sebagai berikut :

حدثنا أبي، حدثنا هشيم بن إسماعيل بن أبي خالد عن قيس بن أبي حازم قال:
ما من فراش يكون في بيت مفروشا لا ينام عليه أحد إلا نام عليه الشيطان…

“Tidak ada satu kasur pun yang tergelar di dalam suatu rumah yang tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU…” (Akamul Marjan fi ahkamil Jaan hal.150)

Baca Juga : Qailullah, Inilah Tidur di Siang Hari yang Dianjurkan dalam Islam

Untuk itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam mengajarkan umatnya agar terhindar dari tidur bersama makhluk halus dan terlindungi dari gangguan jin dan setan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam mengajarkan untuk berdo’a sebelum tidur sebagai cara untuk terlindungi dari gangguan jin dan setan.

Adapun cara yang Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam ajarkan agar terhindar dari tidur bersama jin dan setan yakni dengan cara sebagai berikut.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ

Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur maka kibasilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya”. (HR Bukhari Muslim)

Hadits lainnya sebagai tambahan: “Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali.” (Sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi. 3410, dishahihkan dalam Kalim Thoyyib: 3410)

Hadits di atas menjabarkan bahwa sunnah membersihkan kasur terlebih dahulu sebelum tidur. Selain terhindar dari tidur bersama makhluk halus, dan tampak tidak buruk di mata Allah. Secara medis kesehatanpun, membersihkan tempat tidur sebelum tidur sangat baik untuk manusia. Manusia akan terhindar dari penyakit yang disebabkan kotoran yang melekat pada kasur.

Demikian amalan sederhana yang kerap terlupakan oleh sebagian besar umat saat hendak beristirahat di ranjang. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan niat Lillahi Ta’alla.

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Dengan Cara Ini Anda Bisa Menghindari Tidur Bersama Jin!