Apa Saja Keutamaan Sholat Lima Waktu?

Sumber Foto Dari : rumaysho.com
HIJAZ.ID Shalat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Shalat juga menjadi pembeda yang paling nyata antara muslim dan kafir. Hal tersebut sebagaimana hadits Rasulullah.

Dari Jabir bin ‘Abdillah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257).

Adapun keutamaan shalat lima waktu antara lain :

Perintah Shalat

Shalat lima waktu menjadi sangat istimewa karena Shalat merupakan ibadah yang diperintahkan langsung oleh Allah kepada Rasulullah tanpa perantara Malaikat ataupun mimpi.

Hal yang Pertama dihisab di Akhirat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ الصَّلَاةُ، وَأَوَّلُ مَا يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ فِي الدِّمَاءِ

Perkara yang pertama kali dihisab adalah shalat. Sedangkan yang diputuskan pertama kali di antara manusia adalah (yang berkaitan dengan) darah.” (HR. An-Nasa’i no. 3991. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Baca Juga : Bagaimanakan Hukum Shalat Subuh Kesiangan?
Penghapus Dosa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ » . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا »

“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

Mendekatkan Hamba pada Pencipta

Sabda Nabi : ‘Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.”(HR Muslim).

Sabda Nabi : Keadaan yang paling mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya ialah sewaktu dia bersujud, karena itu perbanyaklah berdoa (HR Muslim)

Keutamaan Waktunya

Shalat yang dilakukan pada waktu-waktu terbaiknya akan mendapatkan keutamaan dan keberkahan serta doanya dikabulkan Allah.

Firman Allah : “Jagalah oleh kalian shalat-shalat lima waktu dan shalat wustha, serta berdirilah karena Allah dengan taat/khusyuk.” (Al-Baqarah: 238).

Sabda nabi:

“Sesungguhnya dekat-dekatnya Allah kepada seorang hamba adalah di tengah malam, maka jika kamu mampu tergolong orang-orang yang mengingat Allah pada saat itu, jadilah.” (HR. Ibnu Khuzaimah).

Sabda Nabi :

“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Bagaimanakah Solusi Mengatasi Berkhayal Dalam Shalat?

Originally posted 2017-09-24 23:54:15.