Siapakah Orang yang Haram Api Neraka Baginya?

Sumber Foto Dari : studipemikiranislam.wordpress.com
HIJAZ.ID Maha Suci Allah yang telah menciptakan bumi dan seluruh isinya. Allah juga telah menciptakan manusia sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi, untuk menjaga kemaslahatan di muka bumi. Kelak kepemimpinan manusia itu akan diminta pertanggung jawaban. Oleh karena itu manusia kelak akan ada yang di surga dan ada pula yang di neraka.

Sudah menjadi hal yang lumrah naluri manusia mengiginkan kebaikan bukan keburukan. Begitu juga umat Islam yang sangat menginginkan surga dan dijauhkan dirinya dari api neraka. Begitu mengerikannya api neraka sehingga tak ada seorangpun yang dapat membayangkannya.

Ternyata Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memberikan jaminan dijauhkan api neraka bagi umat yang memiliki kritea dalam hadits yang diucapkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam. Dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang hal tersebut.

Baca Juga : Ingin Mendapatkan Pakaian Hijau dan Buah di Surga? Amalan Inilah Rahasianya!

Sebagaimana hadits berikut ini, inilah orang yang dijamin oleh Allah dan Rasulullah akan terjaga dari api neraka.

1. Empat Golongan Orang dalam Hadits
ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺴْﻌُﻮﺩٍ، ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ،ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ.

Nabi Saw berkata, “Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh api) neraka..? Para sahabat berkata, “Iya, wahai Rasulallah..!!! Beliau menjawab, “(Haram tersentuh api neraka) orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl.”
(HR. At Tirmidzi & Ibnu Hibban)

Berdasarkan hadits tersebut bahwa orang-orang yang haram baginya api neraka adalah Hayyin, Layyin, Qorib, dan Sahl. Hayyin adalah orang yang dalam dirinya memiliki ketenangan dzahir dan batin.

Orang yang Layyin adalah Orang yang lembut dalam bertutur kata maupun sikapnya. Dengan sesama manusia ia selalu berbuat baik dan tidak pernah menyakiti hati saudaranya. Bahkan orang yang memiliki sifat Layyin ialah mereka yang senantiasa mendahulukan orang lain dari pada kepentingannya pribadi.

Qorib artinya dekat. Orang yang memiliki sifat Qorib cenderung bersifat mudah akrab dengan orang yang baru dikenalnya. Hal tersebut karena sifatnya yang ramah, dan menyenangkan saat diajak berbicara.

Sahl merupakan sifat orang yang senang membantu orang lain, dan menjauhkan diri dari merepotkan orang lain. Orang yang memiliki sifat ini merupakan muslim sejati yang diumpamakan dengan sifat seekor lebah, yang membawa manfaat dan tidak membawa kerugian, kecuali jika ia diserang.

2. Orang yang Ridha

فإن الله حرم علي النار من قال لاألاأله ألا الله يبتغي بذلك وجه الله

“Sesungguhnya Allah mengharamkan atas Neraka orang yang mengucapkan “Laa illaha illallah” karena menginginkan ridha Allah.” (HR.Al-Bukhari dan Muslim dari Shabat ‘Itban radhiyallahu ‘anhu)

Dalam hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa orang yang senantiasa berdzikir (mengucap Laa illaha illallah) dengan ridha dan ikhlas akan dijamin oleh Allah dijaga dari api neraka.

 

 

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Allah Ta’alaa Persiapkan Anak di Surga Bagi Wanita yang Mandul, Benarkah?

Originally posted 2017-09-25 01:57:10.