Menghafal Al-Qur’an Hukumnya Wajib, Benarkah?

Sumber foto dari google.com
HIJAZ.ID Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang mana menjadi pedoman manusia dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Banyak sekali keutamaan juga keajaiban yang terkandung dalam setiap ayat Al-Qur’an. Disadari atau tidak, diantara ayat Al-Qur’an yang kita baca atau bahkan kita dengar walaupun selewat, tetap menyimpan banyak kebaikan dan mengandung hikmah pembelajaran.

Lalu, di zaman sekarang ini, jika berbicara Al-Qur’an, sudah banyak diantaranya yang meninggalkan, dalam arti tidak membaca ataupun tidak mengamalkannya. Padahal, dalam sebuah keterangan ada yang menyebutkan bahwa Al-Qur’an itu wajib untuk dihafal pada dua kondisi seperi penjelasan dari Ustadz Ammi Nur Baits berikut ini.

Terdapat banyak dalil yang menganjurkan untuk menghafal al-Quran. Diantaranya, firman Allah,

بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ

“Sebenarnya, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu…” (QS. al-Ankabut: 49)

Allah menyebut, salah satu ciri orang yang berilmu (ulama) adalah menghafal al-Quran. Dan masih banyak dalil lainnya, yang menunjukkan keutamaan menghafal al-Quran. Apakah menghafal al-Quran itu wajib? Berikut ini penjelasan dari Ustadz Ammi Nur Baits. Ada 2 kondisi menghafal al-Quran menjadi wajib,

Baca Juga : Orangtua Susah Dinasehati, Bagaimana Solusinya Menurut Islam?

Pertama, Menghafal al-Quran sebagai bagian dari tugas umat

Dalam arti, harus ada beberapa orang yang menghafal seluruh isi al-Quran. Sehingga menghafal al-Quran termasuk fardhu kifayah.

Imam Ibnu Baz mengatakan,

ليس الحفظ بلازم، إنما حفظ القرآن مستحب، ولكنه فرض لزوم لأن يحفظه بعض المسلمين

Menghafal al-Quran tidak wajib. Menghafal al-Quran hukumnya anjuran. Namun ini kewajiban, dimana harus dihafal oleh sebagian kaum muslimin.

Kedua, Menghafal al-Quran yang menjadi rukun dalam shalat

Itulah menghafal al-Quran yang menjadi tugas semua muslim. Karena mereka punya kewajiban melakukan shalat. Dan bagian al-Quran yang menjadi rukun shalat adalah al-Fatihah. Karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk menghafal al-Fatihah.

Syaikhul Islam mengatakan,

ويجب عليه أن يحفظ من القرآن ما يصلى به؛ والله أعلم…

Wajib baginya untuk menghafal bagian dari al-Quran yang harus dibaca dalam shalat. Allahu a’lam… (Jami’ al-Masail li Syaikhil Islam, volume 9, hlm. 487).

Berdasarkan uraian di atas, maka sudah sepatutnya kita mulai untuk mempelajari dan menghafal ayat suci Al-Qur’an. Karena, selain akan memberikan pahala juga menjadi salah satu syarat dalam ibadah lainnya, seperti halnya bacaan surat Al-Fatihah dalam shalat.

Wallahu a’lam bish shawab.

Baca Juga : Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Hidup Mulia Tanpa Meminta-Minta