Inilah Tanda Bahwa Allah menyayangimu!

Sumber Foto Dari : ummi-online.com
HIJAZ.ID Tujuan hidup setiap muslim dan muslimah yang taat adalah ridhanya Allah. Keinginan terbesar muslim dan muslimah yang taat ialah mendapatkan kasih sayang dari Allah.

Setiap mukmin menginginkan dicintai Allah karena ketika Allah telah sayang kepada hamba-Nya, maka seluruh penghuni langit dan bumipun akan menyayanginya juga. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Salam.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا دَعَا جِبْرِيلَ فَقَالَ إِنِّي أُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبَّهُ فَيُحِبُّهُ جِبْرِيلُ ثُمَّ يُنَادِي فِي السَّمَاءِ فَيَقُولُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ فُلَانًا فَأَحِبُّوهُ فَيُحِبُّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ ثُمَّ يُوضَعُ لَهُ الْقَبُولُ فِي الْأَرْضِ. (رواه البخاري)

“Sesungguhnya Allah SWT jika mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil malaikat Jibril dan berkata: “Wahai Jibril, aku mencintai orang ini maka cintailah dia!” Maka Jibrilpun mencintainya, lalu Jibril mengumumkannya kepada seluruh penduduk langit dan berkata: “Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintai pulalah dia oleh kalian semua, maka seluruh penduduk langit pun mencintainya. Kemudian orang itu pun dicintai oleh segenap makhluk Allah di muka bumi ini.” (HR. Bukhari)

Baca Juga : Inilah Ciri-Ciri Manusia yang Dicintai Allah Terdapat dalam Al-Qur’an

Allah Subhanallahu wa Ta’alla menghendaki setiap hamba-Nya, untuk mendapatkan kasih sayang-Nya ataupun tidak sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi.

إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الْخَيْرَ عَجَّلَ لَهُ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدِهِ الشَّرَّ أَمْسَكَ عَنْهُ بِذَنْبِهِ حَتَّى يُوَفَّى بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.” (HR. Tirmidzi no. 2396, hasan shahih kata Syaikh Al Albani).

Sekilas manusia berfikir bahwa kasih sayang pasti selalu berupa tentang kebaikan dan rezeki yang melimpah. Namun, benarkah kasih sayang Allah itu selalu berupa kebaikan di dunia? Untuk mendapatkan jawabannya mari kita simak hadits di atas.

Setiap hamba pasti memiliki kesalahan-kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Ketentuan Allah pada hamba-Nya berbeda-beda. Ada yang balasan kesalahannya tersebut langsung tampak di dunia. Ada pula hamba yang sering melakukan kesalahan tapi tidak pernah mendapatkan cobaan, karena Allah tunda balasan itu di akhirat.

Berdasarkan hadits shahih tersebut, bahwa ketika Allah menghendaki kebaikan bagi hamba-Nya maka Allah segerakan hukumannya di dunia. Hal ini membuktikan bahwa setiap musibah yang mungkin pernah menimpa kita di dunia, boleh jadi merupakan balasan kesalahan kita yang telah lampau, dan inilah salah satu bukti Allah menghendaki kebaikan bagi diri kita.

Adapun penjelasan mengenai tanda-tanda Allah sayang pada hamba-Nya dapat disimak dalam video berikut ini.

Wallahu A’lam Bish-Showab

Baca Juga : Apa Itu Rukhsoh dan Siapa Sajakah Orang yang Mendapat Rukhsoh?

Originally posted 2017-09-26 02:08:26.