Apakah Ilmu Pengetahuan Termasuk Mu’jizat?

Sumber Foto Dari : berseru.com
HIJAZ.ID Setiap Nabi dan Rasul diberikan mu’jizat oleh Allah Subhanallah wa Ta’alla, sebagai bukti nyata tentang kebesaran Allah Subhanallu wa Ta’alla dan sebagai bukti kebenaran risalah yang dibawanya. Mu’jizatnya pun beragam sesuai dengan zaman dan kaum dimana Nabi dan Rasul diutus oleh Allah.

Adapun pengertian mu’jizat menurut eksklopedia Indonesia, mu’jizat berasal dari bahasa Arab معجزة artinya perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan risalahnya.

Berikut ini beberapa mu’jizat Nabi dan Rasul. Nabi Adam Alaihi Salam diberikan mu’jizat sebagai manusia pertama yang menjadi khalifah pertama di muka bumi. Selanjutnya mukjizat Nabi Idris Alaihi Salam yang memiliki kejujuran, kepandaian, dan keistimewaan yang lainnya. Ada lagi mu’jizat Nabi Shaleh Alaihi Salam yakni dapat mengeluarkan unta betina dari celah-celah batu sebagai bukti kekuasaan Allah bagi kaum samud dahulu. Dan beberapa mu’jizat Nabi dan Rasul lainnya.

Baca Juga : Apa Saja Makanan dan Minuman Kesukaan Rasulullah yang Tercatat dalam Hadits?

Adapun sebagai Nabi dan Rasul terakhir serta penyempurna, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam diberikan oleh Allah berupa mu’jizat yang tiada tandingannya, dan mu’jizat tersebut masih dapat kita rasakan sampai sekarang. Mu’jizat terbesar tersebut ialah Al-Qur’an. Selanjutnya Rasulullah juga diberi beberapa mu’jizat lain seperti Islam sebagai agama yang sempurna.

Agama Islam yang sempurna sangat menjujung tinggi dan memperhatikan tentang ilmu pengetahuan. Bahkan dalam Islam orang yang sedang menuntut ilmu dan memiliki ilmu akan diberikan derajat yang tinggi. Sebagaimana firman Allah dalam QS al-Mujadilah ayat 11:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Selain bukti dalil aqli tersebut, sebagai bukti bahwa Islam sangat mengutamakan ilmu pengetahuan, Rasulullah pun bersabda dengan tujuan memerintahkan untuk setiap umatnya untuk mencari ilmu. Berikut haditsnya.

“Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR Ibn Majah & Abu Dawud).

Demikian ilmu pengetahuan sebagai mu’jizat yang akan meninggikan derajat setiap hamba yang hendak dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Bagaimanakan Hukum Shalat Subuh Kesiangan?

Originally posted 2017-09-27 00:31:27.