Siapa saja Hamba yang Dilaknaknat Penduduk Langit?

Sumber Foto Dari : http://www.google.com

HIJAZ.ID Allah yang Maha Adil telah menetapkan berbagai hukumnya yang indah. Hukum-hukumnya yang indah itu kemudian disebut dengan hukum syari’at Islam. Allah juga telah menetapkan balasan bagi orang-orang yang taat berupa kasih sayang Allah yang nyata yakni syurga. Sedangkan bagi orang-orang yang melampaui batas dari hukumnya, kelak Allah sediakan bagi mereka laknat yang amat pedih. Bahkan tidak hanya Allah yang melaknat mereka tapi seluruh penduduk bumi dan langitpun turut serta melaknat orang-orang yang durhaka. Sebagaimana Allah berfirman, yang artinya,

“Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam Keadaan kafir, mereka itu mendapat la’nat Allah, Para Malaikat dan manusia seluruhnya. mereka kekal di dalam la’nat itu; tidak akan diringankan siksa dari mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.” (QS. Al-Baqarah: 161 – 162).

Adapun ciri-ciri hamba yang akan dilaknat oleh Allah beserta seluruh penduduk langit dan bumi akan dibahas di paragraf berikutnya. berikut penjelasan beserta dalil-dalil nya.

Baca Juga :Apa Saja Perkara yang Membuat Setan Bahagia dan Harus Dihindari ?
.: Mukmin yang Murtad

“Bagaimana Allah akan memberi petunjuk orang yang kafir sesudah mereka beriman, serta mereka telah mengakui bahwa Rasul itu (Muhammad) benar-benar rasul, dan keterangan-keteranganpun telah datang kepada mereka? Allah tidak menunjuki orang-orang yang zalim. Mereka itu, balasannya adalah laknat Allah ditimpakan kepada mereka, (demikian pula) laknat Para Malaikat dan manusia seluruhnya.” (QS. Ali Imran: 86 – 87)

.: Pembunuh

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang membunuh dengan sengaja maka dia berhak diqishah (balas bunuh). Dan siapa yang menghalangi antara keluarga korban dengan pelaku untuk melakukan qishas maka dia mendapat laknat Allah, para malaikat, dan semua manusia. Tidak akan diterima darinya amalan wajib maupun amal sunahnya.” (Shahih, riwayat Nasai 4790 dan Ibn Majah 2635).

.: Orang yang Mengganggu Orang Mukmin yang Beriman

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jaminan kaum muslimin itu satu. Siapa yang mengganggu jaminan keamanan kaum mukminin maka untuknya laknat Allah, para malaikat dan seluruh umat manusia.” (HR. Bukhari 1870).

.: Bermusuhan dengan Saudara Muslimnya

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mengacungkan senjata kepada saudaranya sesama muslim maka para malaikat akan melaknatnya sampai dia lepaskan. Meskipun yang menjadi sasaran adalah saudaranya sebapak atau seibu.” (HR. Muslim 2616).

.: Istri yang Tidak Taat pada Suami

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila suami mengajak istrinya ke ranjang (hubungan badan) dan dia menolak, kemudian suami marah kepadanya, maka para malaikat akan melaknatnya sampai pagi.” (HR. Bukhari 3237 & Muslim 1436).

.: Orang yang Melindungi Muhdits

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang melindungi muhdits maka untuknya laknat Allah, para malaikat dan seluruh umat manusia.” (HR. Muslim 1371)

Ibnul Atsir menjelaskan, kata muhdits [arab: الـمحدث] memiliki dua cara baca: muhdits dan muhdats. Jika dibaca muhdits artinya pelaku tindak kriminal. Sehingga makna hadis, “Siapa yang melindungi pelaku tindak kriminal maka untuknya laknat Allah…dst.”

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Wanita Masih Sering Lakukan Ini Demi Terlihat Cantik? Hati-Hati Dengan Laknat Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Originally posted 2017-09-29 22:26:45.