Yangmana Ilmu yang Lebih Utama untuk Kita Pelajari ?

Sumber Foto Dari : mii.fmipa.ugm.ac.id
HIJAZ.ID Seluruh umat Muslim wajib hukumnya mencari dan mempelajari ilmu. Kewajiban ini berlaku ketika masih kecil hingga sebelum ajal memisahkan jasad dan ruh. Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’Alaihi wa Salam:

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْدِ

Artinya : ”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

Dalam hadits lainnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Baca Juga : Kiat-Kiat Agar Sukses Menutut Ilmu, Inilah Rahasianya!

Adapun kewajiban menuntut ilmu tersebut maksudnya yakni diwajibkan untuk mencari ilmu dan memahami serta mengamalkannya. Ilmu yang disebutkan dalam hadits tersebut menurut Ibnu Hajar rahimahullah di atas, jelaslah bawa ketika hanya disebutkan kata “ilmu” saja, maka yang dimaksud adalah ilmu agama yang lebih utama untuk dipelajari sebelum ilmu lainnya.

Ilmu agama lebih utama dipelajari karena ilmu agama mempelajari seluruh seluk beluk disiplin ilmu tentang cara meraih kebaikan di dunia dan akhirat. Sebagaimana dalam hadits berikut ini:

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Saking utamanya mempelajari ilmu agama Islam, dalam hadits pun dijelaskan bahwa orang yang paling utama adalah mempelajari dan mengajarkan kembali kitab suci yang senantiasa Allah lindungi yakni Al-Qur’an. Berikut haditsnya :

خَـيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْاآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya: ”Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari)

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam pernah bersabda bahwa orang yang keluar rumahnya untuk mencari ilmu atau mengajarkan ilmu maka ia sedang berada di jalan Allah dan Allah Subhanallahu wa Ta’alla pun berjanji akan memudahkan jalan orang yang  mencari ilmu masuk ke dalam surga-Nya.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى
الْجَنَّةِ

Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Wallahu A’lam Bish-showab

Baca Juga : Siapakah Orang yang Paling Merugi Itu?

Originally posted 2017-10-09 21:49:24.