Bolehkah Belajar Ilmu Tentang Perbankan Konvensional?

Sumber Foto Dari : happinesshabits.info
HIJAZ.ID Belajar merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan. Dengan belajar Allah pun menjanjikan derajat yang tinggi bagi mereka yang telah belajar dan memiliki ilmu.

Namun, ada kalanya sebagian umat Islam yang mendapatkan rezekinya di Bank Konvensional diharuskan untuk belajar tentang ilmu bank konvensional. Sedangkan menurut sebagian besar ulama dalam Islam hukum bekerja di Bank Konvensional ialah haram, karena ia akan digaji dengan uang hasil bunga atau riba. Sebagaimana firman Allah SWT:

وَأَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. (QS al-Baqarah [2]: 275).

Baca Juga : Inilah Kondisi Mengerikan Pemakan Riba Saat Dibangkitkan Pada Hari Kiamat!

Agama Islam yang telah Allah sempurnakan ini begitu indah. Karena Allah selalu menerima taubat bagi setiap hamba yang ingin bertaubat dan meninggalkan segala yang diharamkan oleh Allah Subhanallahu wa Ta’alla.

Maka jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. Lalu adapun mempelajari ilmu bank Konvensional yang di dalamnya terdapat riba, hukumnya bisa berubah-ubah sebagaimana niat dalam mempelajari ilmu dunia sesuai dengan niatnya.

Hukum dasar mencari dan mempelajari ilmu adalah wajib bagi setiap  kaum muslim dan muslimah. Sebagaimana sabda Rasulullahhu ‘alaihi wa sallam,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Menurut pendapat Ibnu Hajar rahimahullah hukum mempelajari ilmu dunia diperbolehkan jika niatnya untuk kebaikan, dan bagitu pula sebaliknya tidak diperbolehkan jika niatnya untuk kejelekan.

Berdasarkan pada riwayat Ibnu Hajar rahimahullah, maka hukum mempelajari ilmu bank konvensional adalah diperbolehkan, namun jika niatnya agar mendapatkan gaji dari bank dengan mempelajari ilmu tersebut, maka hukumnya bisa jadi haram. Karena hukum memakan harta riba atau gaji dari bunga bank itu mutlak haram. Sebagaimana hadits Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam:

“Rasulullah melaknat pemakan riba, yang memberi makan dengan hasil riba, dan dua orang yang menjadi saksinya.” Dan beliau bersabda: “Mereka itu sama.” (HR. Muslim)

 Adapun dalam riwayat lain disebutkan:

“Orang yang makan riba, orang yang memben makan dengan riba, dan dua orang saksinya –jika mereka mengetahui hal itu– maka mereka itu dilaknat lewat lisan Nabi Muhammad saw. hingga han kiamat.” (HR. Nasa’i)

Wallahu’alam Bish-showab

Baca Juga : Pemakan Riba, Penghuni Neraka yang Kekal Didalamnya

Originally posted 2017-10-18 02:41:10.