Inilah Obat Bagi Segala Penyakit Hati yang Jarang Diketahui!

Sumber Foto Dari : defirahadi.com
HIJAZ.ID Setiap penyakit yang Allah Subhanallahu wa Ta’alla turunkan di muka bumi pasti ada penawarnya. Namun hanya manusia yang paham dan berilmu sajalah yang tahu obatnya. Seperti penyakit badan yang sering tampak secara kasat mata, pilek misalnya. Ketika kita mengindap penyakit yang sudah umum ini yakni pilek, secara otomatis setiap manusia akan mengobatinya, baik dengan cara pengobatan tradisional maupun modern. Apapun caranya itulah perantara, ikhtiar manusia untuk mencapai kesembuhan diri.

Penyakit fisik yang tampak oleh kasat mata, sangat mudah untuk dideteksi, sehingga kita secara sadar dengan cekatan mengobatinya tanpa menunggu semakin parah. Namun, penyakit hati sukar untuk dideteksi karena tak terlihat oleh kasat mata layaknya ruh dalam diri manusia.

Sebelum beranjak pada cara menyembuhkan segala penyakit hati. Perlu kita sepakati bersama bahwa hati yang sedang kita bahas kali ini yakni bukan hati bagian tubuh manusia, melainkan hati untuk merasakan dan yang mampu membedakan baik buruknya segala sesuatu.

Baca Juga : Isi Harimu dengan Amalan Ini Agar Terhindar dari Galau

Untuk menyembuhkan penyakit hati yang ada dalam diri. Kita harus mengetahui dulu seperti apa penyakit hati itu. Sebagaimana firman Allah sebagai berikut ini.

وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ

Orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam keadaan kafir.” [At Taubah 125].

Adapun salah satu penyakit hati yang sering muncul dalam diri manusia yakni sifat sombong. Penyakit hati ini akan menyebabkan penderitanya merasa diri lebih unggul dan merendahkan orang lain. Sehingga Allah mengancam orang-orang yang sombong. Sebagaimana firman Allah Subhanallahu wa Ta’ala :

ادْخُلُوا أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ  

Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong.” [Al Mu’min 76]

Tergambar jelas bahwa penyakit hati teramat bahaya, bahkan menyebabkan penderitanya menjadi fasik bahkan kafir dan diancam ditempatkan ke dalam neraka jahanam. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menghindari dan menyembuhkannya.

Penyebuhan pertama dan terampuh bagi seluruh penyakit hati yang terdapat dalam diri manusia, seperti sombong, iri, dengki, dan lain sebagainya yakni Al-Qur’an. Dengan membaca, mendengarkan, dan mentadaburi ayat-ayat Al-Qur’an hati menjadi tentram dan terhindar dari penyakit hati, sebagaimana firman Allah Subhanallahu wa Ta’alla.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌوَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلاَ يَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ إِلاَّخَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari al-Quran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS al-Isrâ’/17: 82)

Wallahu’alam Bish-showab

Baca Juga : Akhwat Mau Surga? Yuk Simak Nasehat Rasulullah dalam Al-Qur’an

Originally posted 2017-10-26 02:34:03.